Biaya sedot lemak perut dan bahayanya

Apa itu sedot lemak?

Sedot lemak atau liposuction biasa juga dikenal dengan lipoplasti, liposculpture atau lipektomi. Ini sejenis prosedur operasi untuk memecah lemak dan menyedotnya dari berbagai bagian tubuh yang diinginkan.

bahaya sedot lemak berapa harganya
Dokter sedang menyedot lemak dari pinggang

Bagian tubuh mana saja yang bisa disedot lemaknya?

Biasanya bagian tubuh yang disedot lemaknya adalah perut, paha, bokong, leher, dagu, lengan depan dan belakang, serta punggung.

Pasien yang menjalani sedot lemak adalah pasien yang berat badannya stabil namun ingin menghilangkan lemak dari bagian tertentu tubuhnya. Jadi sedot lemak ini bukan solusi untuk menurunkan berat badan, bukan terapi untuk obesitas. Liposuction juga bukan untuk menghilangkan selulit. Tujuannya murni estetika untuk membentuk badan yang lebih menarik.

Dengan prosedur sedot lemak, lemak itu dihilangkan dari badan secara permanen. Dengan demikian bisa membentuk tubuh lebih baik. Misalnya sedot lemak perut supaya perutnya lebih langsing. Namun jika setelah operasi pasiennya tidak menjaga diet dan kesehatan dengan baik, ada kemungkinan sel lemak yang tinggal di badan bisa berkembang menjadi lebih besar ukurannya.

Jumlah sel lemak yang bisa disedot dalam satu kali pelaksanaan operasi adalah terbatas. Jadi gak seenaknya mau sedot sebanyak mungkin. Sebab dokter mesti mempertimbangkan resiko seperti infeksi, atau kulit jadi mati rasa, atau jadi bekas luka yang jelek.

Jika lemak yang disedot terlalu banyak, bisa-bisa bagian tersebut jadi kempot... kan jelek jadinya.

Beberapa kasus yang cocok untuk dilakukan sedot lemak adalah:


  1. Lipoma, yaitu tumor lemak. Jadi lemaknya menggumpal seperti bola kemudian semakin memmbesar.
  2. Ginekomastia, yaitu jaringan lemak pada dada berkembang menjadi besar pada laki-laki. Jadi si pria macam ada payudaranya gitu kalo kena penyakit ini, padahal isinya lemak.
  3. Sindrom lipodistrofi, gangguan keseimbangan lemak tubuh. Jadi di tubuhnya itu satu daerah banyak banget lemaknya kemudian di bagian tubuh lain, kekurangan lemak. Bisa dijumpai pada penderita HIV yang kena efek samping obat.


Gimana sih proses sedot lemak itu?

Bergantung pada jenis sedot lemak yang akan dilakukan, bisa di rumah sakit atau di praktek dokter bedah dan bisa pulang pada hari yang sama. Kalau jumlah lemak yang mau disedot itu banyak, tentu mesti ke rumah sakit dan rawat inap setelahnya.

Sebelum dioperasi, pasien dibius dulu. Biusnya ini juga bergantung pada jenis sedot lemaknya. Bisa bius lokal atau bius umum. Kalau bius lokal, cuma di daerah yang akan disedot saja. Adapun bius umum, maka pasien dibius hingga tidak sadar.

Setelah bius dilakukan, maka ahli bedah melakukan irisan lalu memasukkan alat penyedot ke dalam bagian yang sudah diiris tadi. Setelah itu disedotlah lemaknya.

Berapa biaya sedot lemak?

Ya tentu mahal saudara... karena ini prosedur operasi. Bisa-bisa 10 jutaan. Gak ada yang namanya sedot lemak murah. Namanya juga operasi kosmetik, mana ada yang murah. Kalau cari murah bisa-bisa dapat dokter gadungan trus mau cantik jadi jelek malahan.

Mau sedot lemak tanpa operasi?

Becanda ente? yagak mungkin lah. Udah dijelasin di atas sedot lemak itu prosedur operasi. Kalau membakar lemak tanpa operasi mungkin bisa ya, pake suplemen olahraga, dsb.

OK deh, udah selesai saya nulis info sedot lemak ini, selain itu lihat juga posting aku tentang komedo ya. Mudah-mudahan berguna ya...

Cara membersihkan komedo secara alami

Lagi jengkel dengan komedo dan mau tahu cara membersihkan komedo hingga tuntas? yuk dibaca.

Perlu diketahui dulu guys, komedo itu ada dua macam ya... blackhead dan whitehead. Blackhead ini biasanya disebut komedo terbuka karena bagian kepalanya itu terlihat seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam.

cara menghilangkan komedo blackhead
Komedo blackhead dengan kepala terbuka berwarna hitam


Nah kalo komedo whitehead itu biasa disebut komedo tertutp karena muncul pada pori-pori yang tertutup, jadi nampak seperti tonjolan putih saja di bawah permukaan kulit.

Masalah komedo ini memang bikin pusing kepala mau hitam atau putih semuanya mengganggu penampilan. Apalagi kalau kerjanya jadi public figure gitu, sering ketemuan ama klien, atau orang banyak.

Kalau anda orang seperti itu, dan sibuk sekali untuk melakukan perawatan di salon, maka bolehlah mencoba solusi menghialngkan komedo secara alami ini. Berikut caranya:


1. Cek kembali kosmetik anda. Jangan pakai kosmetik krim dan minyak yang dapat meningkatkan peluang komedo.

2. Secara teratur, lakukan steam wajah setidaknya sekali seminggu. Caranya mudah. Ambil mangkuk besar dan isi dengan air panas paling bagus yang baru mendidih supaya uapnya banyak. Masukkan wajah ke mulut mangkuk hingga terasa uap air panas menyentuh wajah. Hati-hati uapnya aja lho ya yang terasa, bukan air panasnya. Supaya maksimal, pakai handuk buat tutup kepala. Setelh itu pakai campuran gula dan madu sebagai masker untuk membersihkan komedo.

3. Lakukan peeling secara teratur. Pengelupasan itu penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit mati inilah yang sering menjadi sumbatan npada pori-pori sehingga muncul komedo.

4. Khusus buat pemilik kulit berminyak, cobalah gunakan masker yang terbuat dari tanah liat untuk mengurangi minyak di kulit. Kalau beli masker, coba ambil yang tidak mengandung mint, atau aroma parfum.

5. Anda juga bisa membuat masker komedo sendiri. Campur air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin semuanya. Oleskan pada wajah merata selama beberapa menit. Masker ini bukan hanya akan membantu mengurangi komedo, tetapi juga membantu menyingkirkan noda hitam bekas jerawat di wajah.

6. Setiap sebelum tidur, basuh wajah dengan kain air hangat selama 15 menit. Prinsipnya sama dengan steam wajah tadi, untuk membersihkan kulit-kulit mati. Setelah itu jangan lupa rebus kainnya supaya bakteri yang menempel mati seluruhnya.

7. Masker madu juga bisa dalam bentuk hangat. Panaskan sedikit madu dan oleskan pada wajah yang ada komedonya. Cuci wajah Anda setelah 10 menit.

Lakukan secara teratur ya... jangan sekali-kali memencet komedo dengan kuku. Resikonya bisa cidera kulit dan iritasi sehingga menjadi jalan masuk bakteri ke dalam kulit, infeksi deh.

Bedak padat juga bisa bikin komedo. Susu pembersih, tabir surya, alas bedak juga.

Hindari makanan penyebab komedo berikut ini


Hindari makan cokelat, susu cokelat, durian, krim bubuk, kacang tanah,keju, alpukat, telur, kacang-kacangan,  mangga matang, kerang, semua jenis susu gorengan, santan, dan daging berlemak.
Gaya hidup sehat itu penting dan perhatikan kadar gizi yang anda makan. Cukup tidur dan istirahat juga akan membantu. Jangan lupakan stres, bisa menyebabkan komedo lho.

Produk untuk menghilangkan komedo


Ada banyak produk kosmetik yang dijual untuk menghilangkan komedo. Mulai dari masker hingga alat. Perhatikan dengan baik komposisi masker yang anda beli. Gunakan yang berbahan dasar alami.

Alat untuk menghilangkan komedo

alat pembersih komedo bekerja dengan menyedot
Alat pembersih komedo dengan baterai

Pembersih komedo ini biasanya seperti penyedot. Sah-sah saja digunakan hanya perlu diperhatikan prosedurnya.

  • Selalu sterilisai alat penghilang komedo sebelum dan sesudah digunakan. Gunakan alkohol 70%.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
  • Jangan gunakan pada komedo yang terinfeksi, bernanah.
  • Jangan digunakan bergantian dengan orang lain.


Eits jangan kabur dulu, selain komedo, ketiak juga perlu dibersihkan. Baca cara menghilangkan bulu ketiak di sini secara ilmiah.

Bahaya cara menghilangkan bulu ketiak secara ekstrim

Dari dahulu kala, bulu ketiak ini sudah ada pada tubuh manusia. Bagaimanapun kita membencinya, dan terus menghilangkannya tetap saja bulu ketiak itu tumbuh dan kita hialngkan lagi, tumbuh lagi dan seterusnya.

Bahaya cara menghilangkan bulu ketiak ekstrim
Alat cukur bulu ketiak

Ilmu pengetahuan di balik bulu ketiak

Haha, lucu juga ada ilmunya tuh tentang ketiak. Ya iya... bulu ketiak itu bukan diciptakan tanpa maksud.

Penelitan sudah membuktikan kalau ketiak manusia itu menghasilkan pheromone. Ini merupakan senyawa kimia yang didapatkan pada manusia maupun hewan. Phoremonne ini bisa memicu tingkah laku tertentu utamanya masalah daya tarik terhadap lawan jenis.

Kalau saja anda tau efek feromone ini sesungguhnya, anda gak bakal mau cukur bulu ketiak.

Ilmu kedua, bulu ketiak tidak menimbulkan bau. Yang menjadi sumber bau itu adalah keringat yang diproduksi oleh kelenjar bawah kulit ketiak.

Fungsi lain bulu ketiak adalah untuk menurangi gesekan lengan dan badan pada waktu beraktifitas. Lengan kita itu bergerak banyak dan ketiak juga demikian.

Ya udahlah... kalau anda masih gigih mau menghilangkan bulu ketiak, yuk kita bahas caranya

Tips menghilangkan bulu ketiak


Ada beberapa metode di sini yang bisa anda coba. Ada yang menghilangkan bulu ketiak secara permanen dan ada pula yang ngefek cuma beberapa hari saja. Ada yang mahal ada juga yang murah tapi butuh kesabaran.

Mencukur bulu ketiak

Ini yang paling popular dan mungkin paling nyaman untuk menghilangkan bulu di ketiak. Gak banyak sih yang bisa dijelasin soal bercukur ini karena pastinya anda sudah tahu bagaimana mencukur bulu ketiak dan alatnya.
Cuma perlu diingatin aja, kalo bercukur lebih baik menggunakan gel atau busa cukur. Sebab tanpa gel ini seringkali anda bukannya mencukur bulu tapi mencukur ketiaknya alias bikin luka dan bengkak ketiak. So, sedian gelnya dulu ya...

Gak ada rotan akar pun jadi. Kalau gak ada gel, atau gak sempat beli gel apa boleh buat pake aja tu shampo rambut. Hanya saja setelah mencukur, pastikan anda membilas dengan baik supaya tidak meninggalkan sisa shampo di ketiak.

Mencukur bulu ketiak ada untung dan ruginya, yailah kayak dagang aja. Untungnya tentu karena murah. Alat pencukur bulu dan gel tidak mahal harganya. Malah mungkin sudah ada di rumah anda untuk keperluan lain.

Masalahnya adalah, mencukur ini mesti sering dilakukan kalo anda ingin bebas bulu ketiak. Kalau anda menyukai proses ini ya gak masalah, metode mencukur cocok untuk anda. Dan jika anda juga tidak masalah dengan bulu ketiak yang kasar, silahkan. Karena dengan sering bercukur, bulu ketiak akan menjadi lebih kasar dari sebelumnya.

Makanya biasanya orang yang rajin cukur itu mesti tiap 2-3 hari. Telat sehari aja udah gak enak banget rasanya, ketusuk-tusuk gitu kan?

Walaupun ada kekurangan tadi, masih banyak yang suka metode bercukur ini. Gampang sih.

Pelajari juga cara memerahkan bibir secara alami

Waxing

Cara waxing ini juga didapati pada alis, kemudian bulu kem*luan serta bulu kaki. Ini banyak dilakukan di luar negeri, malah laki-laki di sana sering waxing buat ngilangin bulu dada dan kakinya.

Metode menghilangkan bulu ketiak dengan waxing ini menggunakan semacam lilin khusus yang dipanaskan. Jadi wax leleh ini dioleskan tipis pada tubuh berbulu terus di atasnya ditempeli kain lalu ditekan. Setelah menempel kain itu ditarik berlawan arah dengan arah tumbuh bulu. Tarikannya cepat dan tiba-tiba sehingga bulu-bulu tersebut tercabut semuanya. Bisa dibayangkan proses ini lumayan nyeri. Bukan hanya bulu yang ikut ketarik, akan tetapi kulit-kulit mati juga ikut menempel pada wax tersebut.

Kelebihan metode waxing ini adalah bulunya lebih lama tumbuh lagi sebab bulu itu tercabut hingga ke akarnya. Cuma kekurangnya ya itu tadi, nyeriiii banget.

Mungkin suatu saat nanti trend akan berubah hingga wanita berbulu ketiak bisa diterima sebagai wanita cantik. Jangan ketawa dulu... sekarang ini ada trend dimana wanita yang natural itu dianggap paling cantik. Kita liat aja nanti bagaimana perkembangannya.

Sekian dulu tips menghilangkan bulu ketiak dari saya. Jangan kabur dulu, baca juga lah artikel lain di bawah ini.

Cara Menghilangkan Keloid Secara Alami

Anda punya keloid dan ingin supaya keloid itu hilang? simak cara menghilangkan keloid dengan alami berikut ini.

cara menghilangkan keloid secara alami dengan jeruk nipis

Bekas luka keloid terbuat dari keras, jaringan parut fibrosa dan muncul dengan tiba-tiba pada kulit. Penyebab pasti dari bekas luka keloid masih belum diketahui.

Keloid tumbuh ketika  pertumbuhan kolagen berlebih di tempat luka. Kemudian terus tumbuh perlahan-lahan selama beberapa lama.

Bekas luka keloid biasanya muncul di bagian tubuh yang terjadi trauma atau kerusakan, seperti jerawat, cacar air, luka bakar ringan, luka, tindikan telinga, gigitan serangga, vaksinasi dan lecet kulit lainnya.

Bekas luka berbentuk kubah ini biasanya berwarna merah muda atau merah. Daerah yang terkena bisa terasa lunak apabila disentuh dan kadang gatal. Keloid ini lebih rentan terjadi pada orang yang lebih gelap kulitnya. Faktor keturunan juga menjadi penentu. Kalau orang tuda anda mempunyai keloid, anda punya resiko untuk keloid juga.

Tentunya anda yang menderita keloid mencari cara menghilangkan keloid ini seperti suntikan kortikosteroid atau terapi laser, namun bisa juga anda mencoba perawatan di rumah berikut ini

Bagaimana menyingkirkan bekas luka keloid


Berikut adalah 10 cara untuk menghilangkan bekas luka keloid.

1. Baking soda 
Sifat baking soda mampu mendorong pertumbuhan jaringan yang sehat. Nah karena itulah baking soda digunakan sebagai obat alami untuk keloid. Selain itu baking soda punya kemampuan abrasif untuk mengelupas kulit dan sel sel mati.

Campurkan satu sendok teh baking soda dan tiga sendok teh hidrogen peroksida sehingga menjadi pasta halus.
Oleskan pasta pada daerah keloid anda.
Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
Lakukan ini tiga atau empat kali sehari selama minimal satu bulan untuk mengecilkan bekas luka keloid.

2. Aloe Vera
Lidah buaya sangat efektif untuk mengobati bekas luka keloid. Lidah buaya membantu menjaga kulit sebagai pelembab dan juga membantu dalam regenerasi permukaan kulit yang rusak. Juga, ia memiliki efek pendinginan yang bisa mengurangi gatal.

Potong lidah buaya dan ambil gelnya.
Oleskan lapisan gel lidah buaya di daerah keloid.
Biarkan hingga kering dengan sendirinya sehingga diserap oleh kulit.
Lakukan lima atau enam kali sehari selama beberapa hari.
Catatan: Obat ini bekerja terbaik pada luka baru dan mungkin tidak efektif pada bekas luka tahunan.

3. Menghilangkan Keloid Dengan Jeruk Nipis
Jus lemon merupakan obat untuk bekas luka yang efektif. Mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang membantu memperbaiki berbagai jenis bekas luka, termasuk bekas luka keloid. Unsur-unsur lain dalam jus lemon juga membantu regenerasi kulit dan perbaikan jaringan yang rusak.

Siapkan satu lemon segar berukuran segar lalu peras airnya.
Oleskan jus pada bekas luka.
Biarkan selama setengah jam, dan kemudian bilas dengan air hangat.
Keringkan dan kemudian berikan lotion untuk menjaga kelembaban daerah bekas luka.
Lakukan ini dua kali sehari selama satu bulan untuk mendapatkan hasil yang baik.
Jika anda lakukan dengan rutin maka hasil yang signifikan akan terlihat pada bekas luka.

4. Cuka apel
Cuka sari apel adalah obat rumah yang sangat baik untuk mengatasi bekas luka keloid. Unsur tertentu dalam cuka sari apel membantu menghilangkan timbunan lemak di bawah kulit Anda. DItambah lagi sifat asam pada cuka apel membantu pengelupasan bekas luka dan melembutkan kulit anda sehingga bisa memperbaiki bekas luka.

Campur dua sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh air dalam cangkir.
Gunakan cotton bud untuk mengoleskan pada daerah bekas luka.
Biarkan selama setengah jam, dan kemudian mencuci dengan air.
Lanjutkan obat esta tiga atau empat kali sehari selama beberapa minggu.

5. Bawang putih
Bawang putih cukup efektif dalam mengurangi jaringan parut keloid. Sebuah studi yang dilakukan di Aarhus University di Denmark pada tahun 1994, yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, ekstrak bawang putih yang ditemukan itu mempengaruhi pertumbuhan sel fibroblast, yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan bekas luka keloid itu.

Hancurkan tiga atau empat siung bawang putih segar. Oleskan bawang putih pada daerah jaringan parut luka dan biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci dengan air hangat. Biarkan kering dan oleskan lotion pelembab setelahnya. Pakai obat ini selama sebelas hari dalam bulan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Juga Anda dapat menerapkan minyak bawang putih pada kulit yang terkena dua kali sehari selama satu bulan untuk meringankan bekas luka. Jika minyak bawang putih menyebabkan efek samping, segera cuci dengan air hangat.

6. Lavender Essential Oil
Minyak esensial lavender mengandung zat yang meremajakan kulit. Zat ini bisa membantu mengobati luka keloid. Selain itu untuk minyak esensial lavender meningkatkan restorasi kulit, yang pada gilirannya membantu mencegah luka menjadi permanen.

Rendam cotton bud dalam minyak lavender dan oleskan pada daerah yang terkena. Pijat daerah lembut selama 15 menit. Ketika minyak diserap oleh kulit, bekas luka akan menjadi lembut dan mulai menyembuh. Ikuti obat ini dua kali sehari selama sebulan untuk mendapatkan hasil yang positif.

Atau, siapkan campuran dengan satu-setengah sendok teh masing-masing minyak esensial lavender dan minyak esensial calendula dan 10 sendok teh minyak kelapa. Campur bahan dengan baik. Oleskan sedikit campuran pada bekas luka. Pijat selama 10 menit dan kemudian biarkan selama SETIDAKNYA 20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Gunakan pengobatan ini sebelas hari sampai luka anda membaik. Simpan campuran yang tersisa di tempat yang gelap, tempat yang kering dan anda bisa menggunakannya di kemudian hari.

Cara mengatasi bibir bengkak

Bibir bengkak memang mengesalkan, tapi tenang ada cara paling jitu mengatasi bibir bengkak.
cara mengatasi bibir bengkak
Caranya yaitu dengan mengompres bibir bengkak menggunakan es batu.


  1. Ambil es batu kemudian masukkan ke sapu tangan 
  2. Ikat sapu tangan tersebut lalu banting-banting hingga es pecah menjadi halus
  3. Kompress bibir bengkak selama beberapa menit, insyaAllah bengkak akan turun
Jangan lakukan ini pada bibir bengkak anda!
  1. Jangan digigit-gigit sebab akan tambah bengkak
  2. Jangan pakai minyak macam-macam karena tidak perlu
  3. Jangan menangis sebab memperparah bengkaknya bibir
Mudah-mudahan berguna

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Pelajari cara memerahkan bibir yang alami dengan bahan-bahan di dapur anda.

cara memerahkan bibir alami tanpa odol kunyit

Bibir lembut merah merona adalah sesuatu yang dididamkan setiap wanita. Bibir yang indah membuat senyum Anda lebih cantik. Tapi bibir gelap dan pigmentasi bisa menjadi masalah besar. Minum teh berlebih atau asupan kopi, paparan sinar matahari bisa menyebabkan pigmentasi pada bibir. Merokok juga menyebabkan kondisi ini. Mari kita lihat penyebab bibir menjadi menghitam lebih lanjut dan apa yang bisa anda lakukan untuk mengobatinya di rumah.

Penyebab bibir menghitam


Kebanyakan kasus bibir berubah warna yaitu menjadi kecoklatan atau keabu-abuan. Bibir itu sendiri jarang menjadi warna hitam penuh. Namun, warna lain seperti kebiruan atau kekuningan juga dapat terjadi. Hal ini dapat dikaitkan dengan penyebab lingkungan, mekanik, kimia atau kerusakan elektromagnetik, gangguan kulit, penyakit sistemik, dan faktor gaya hidup.

Penyebab Bibir Gelap


Anemia

Anemia adalah salah satu penyebab umum dari perubahan warna bibir terutama pada wanita selama masa reproduksi. Hal ini sering dikaitkan dengan anemia defisiensi besi, tetapi semua jenis anemia bisa menjadi penyebab. Anemia adalah terjadinya penurunan kadar zat pembawa oksigen yang biasa disebut hemoglobin. Hal ini mungkin karena memang jumlah sel-sel darah merahnya yang menurun atau kurang hemoglobin dalam sel darah merah ini. Hemoglobin inilah yang bertanggung jawab untuk warna merah alami darah. Karena warna bibir sebagian disampaikan oleh darah yang mengalir melalui bibir, kekurangan hemoglobin atau sel darah merah akan mempengaruhi warna bibir. Dalam kasus yang parah perubahan warna ini mungkin bibir terlihat  kebiru-biruan dan nampak lebih jelas pada cuaca dingin.

Sianosis

Sianosis adalah warna kebiruan dari bagian-bagian tertentu dari tubuh yang berhubungan dengan penurunan kadar oksigen dalam jaringan tubuh. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah hal, penyakit jantung dan paru adalah contoh penyebab sianosis. Biasanya sianosis lebih nampak pada cuaca dingin atau pada saat penderita berolahraga. Sianosis adalah kondisi serius yang perlu diselidiki lebih lanjut dan penyebabnya perlu diobati dengan tepat. Perhatian medis darurat diperlukan jika sianosis pada bibir disertai penurunan keasadaran, orangnya gampang pingsan, kulit dingin dan berkeringat atau kesulitan bernapas.

Faktor gaya hidup

Merokok, penyalahgunaan alkohol dan penggunaan narkotika dalam waktu yang lama dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir. Nah pada perokok, berubahnya bibir menjadi lebih gelap disebut sebagai melanosis. Hal ini hanya terjadi pada perokok jangka panjang dan biasanya akan berkurang setelah merokok dihentikan. Beberapa jenis alkohol dapat menghasilkan zat asam yang mempercepat fermentasi yang dapat menyebabkan bintik-bintik gelap pada bibir. Zat terlarang yangada padar rokok lebih bisa lagi menjadi penyebab bibir gelap. Mengunyah daun sirih dan pinang serta tembakau dapat menyebabkan kemerahan pada bibir pada tahap awal tapi jika dilakukan selama bertahun-tahun ini juga bisa menyebabkan perubahan warna gelap pada bibir.

Lentigo

Lentigo adalah bercak coklat datar sampai bercak hitam yang dapat mempengaruhi kulit dan bibir. Ini mungkin berhubungan dengan paparan sinar matahari jangka panjang (lentigo surya, juga dikenal sebagai lentigines atau bintik hati actinic) atau penyakit sistemik (lentigo non-solar) seperti sindrom Peutz-Jeghers. Waduh penyakit ini namanya aja aneh ya... apalagi efeknya ngeri.

Peutz-Jeghers Syndrome

Sindrom Peutz-Jeghers adalah kondisi genetik yang ditandai oleh adanya polip gastrointestinal, semacam kutil pada saluran cerna dan hiperpigmentasi pada kulit dan membran mukosa (lapisan pada bibir bagian dalam). Kondisi ini berhubungan erat dengan kejadian kanker usus.

Melasma

Melasma adalah hiperpigmentasi kulit berhubungan dengan peningkatan deposisi melanin. Hal ini terjadi pada setiap permukaan kulit yang terkena sinar matahari, tetapi di muka pada khususnya. Sementara itu memiliki kecenderungan untuk dahi dan pipi, juga dapat terjadi di bibir, terutama bibir atas. Hal ini cenderung untuk membentuk patch simetris tanpa gatal atau gejala lain dari ruam.

Infeksi kulit

Dermatitis adalah istilah yang luas yang mengacu pada peradangan kulit akibat sejumlah penyebab. Dua penyebab yang lebih umum adalah dermatitis kontak dan dermatitis atopik yang keduanya memiliki hipersensitivitas (alergi) komponen sistem imun. Meskipun dermatitis atopik jarang di bibir, kadang-kadang lesi kulit pada wajah dekat dengan bibir dapat memperpanjang ke permukaan bibir. Dermatitis yang lebih mungkin adalah kontak dermatitis terutama pada wanita dan dengan penggunaan kosmetik seperti lip gloss, lipstik dan lip liner. Kosmetik ini dapat menyebabkan penggelapan bibir dari waktu ke waktu bahkan tanpa kehadiran gejala dermatitis seperti gatal-gatal. Hal ini lebih mungkin untuk dilihat dengan kosmetik murah yang memiliki pewarna tertentu yang tidak disarankan untuk digunakan pada kulit manusia. Peraturan ketat untuk produsen kosmetik berarti bahwa sebagian besar merek terkemuka tidak mungkin untuk menggunakan jenis pewarna.

Penyakit kuning

Penyakit kuning adalah warna kuning pada kulit yang disebabkan oleh kelebihan bilirubin yang berhubungan dengan kerusakan hati atau penyakit empedu. Warna kuning paling menonjoalditemui pada kulit dan mata putih (sclera), tetapi juga dapat mengenai bagian dalam mulut (lapisan bukal). Penyebab lain perubahan warna kekuningan mungkin termasuk hypocarotenemia yang berhubungan dengan kekurangan beta karoten yang berasal dari makanan, anemia pernisiosa, penyakit Wilson dan penyebab lain dari keracunan tembaga. Menguning ini tidak menonjol di bibir seperti itu pada bagian lain dari kulit dan sclera.

Bibir kering

Kesehatan kulit sangat tergantung pada kelembaban yang memadai dan bibir dengan lapisan yang lebih sedikit kulit dengan mudah kehilangan kelembaban alaminya. Hal ini lebih sering terjadi pada perokok dan bernapas lewat mulut sebagai gerakan udara masuk dan keluar dari mulut mempercepat hilangnya kelembaban. Bibir kering akhirnya bisa memecahkan (bibir pecah-pecah) dan jika terus berlanjut dapat menjadi perubahan warna pada bibir. Ini juga lebih mungkin terjadi di daerah beriklim dingin dan cuaca berangin. Bibir kering tampak putih atau pucat dengan retak tetapi dalam kasus yang parah ini dapat meluas ke kulit di sekitar bibir menyebabkan bibir bagian luar gelap coklat


Bagaimana Cara Memerahkan Bibir Secara Alami?


Berikut adalah beberapa tips dan resep yang harus Anda ikuti untuk meringankan bibir gelap Anda:

1. Serum Lemon madu bibir :

Caranya mudah, silahkan campur 1 bagian lemon dan satu bagian madu. Lemon berfungsi untuk mengelupas lapisan kulit yang berwarna gelap dan madu berfungsi untuk menambah warna pink pada bibir. Usapkan serum campuran ini pada bibir anda dan diamkan selama 1 jam. Lakukann setiap hari. Mudah kan?

2. Tidur dengan gliserin:

 Tidur dengan glycerines
cc berlisensi (BY SA) foto flickr bersama oleh RelaxingMusic

Bibir kering bisa menyebabkan warna gelap oleh karena itu pakai pelembab bibir berbahan glisering untuk menyingkirkan warna gelap pada bibir anda. Lakukan setiap anda hendak tidur malam.

3. Jaga cairan tubuh anda

Pengobatan mencerahkan bibir bukan hanya dengan obat olesan tetapi butuh cairan tubuh yang cukup. Minum 8-10 gelas sehari itu wajib untuk mengembalikan warna cerah pada bibir anda.

5. Masker buah

Masker buah baik untuk memerahkan bibir anda. Bisa juga menggunakan lip balm yang dibuat dari buah-buahan.

6. Almond Oil:

Oleskan minyak almond pada bibir sebelum tidur akan mengurangi perubahan warna.

7. Jus timun

Mengoleskan dan minum jus mentimun juga akan membantu meringankan bibir gelap.

Mudah-mudahan tips ini bisa menjadi cara mencerahkan bibir yang efektif untuk anda. Selamat mencoba

Most Reading

Terbaru Guys: